Rabu, 09 Mei 2012

PKBL PT. PUPUK KALTIM


Waktu pelaksanakan pelatihan  dimulai  tanggal 28 April 2010   sampai  dengan tanggal 08 Mei 2010  
     Pada akhir program Kemitraan dan Bina Lingkungan bidang pelatihan Otomotif Sepeda Motor, hasil yang dicapai adalah 30 warga belajar telah memiliki bekal kecakapan hidup yaitu kecakapan kejuruan/keterampilan.
       





Pengangguran di Bontang Meningkat
Dinsosnaker berharap Perusahaan Peduli


BONTANG
– Dinas sosial dan Tenaga Kerja Kota Bontang Mengimbau perusahaan yang berada di Bontang agar meningkatkan kepedulian. Kepala Disosnaker Akhmad Soeharto menjelaskan, bentuk kepedulian yang dimaksud untuk mengatasi pengaguran semakin tahun semakin bertambah.                                                  
“Data terakhir Maret 2010 ada 2.600 lebih penganggurandi kota Bontang. Karena itulah perlu banyak pelatihan untuk memberdayakan mereka”, kata Soeharto.        Seperti yang dilakukan PT Pupuk Kaltim baru-baru ini. Departemen Program kemitraan dan Bina lingkungan (PKBL) menggelar pelatihan keterampilan mekanik mesin bagi 30 warga Bontang. Pelatihan yang digelar kali ini merupakan pelatihan keterampilan warga dalam bidang otomotif khususnya mekanik sepeda motor dan bertujuan untuk meningkatkan sumber daya masyarakat Bontang.                                  
Pelatihan ini akan dilangsungkan selama 10 hari di PT Pupuk Kaltim. Dijelaskan Syafei selaku koordinator kegiatan, Pelatihan ini diikuti oleh 30 Peserta dari wilayah buffer Zone PT Pupuk Kaltim dan akan berlangsung mulai dari 26 april – 8 mei 2010. Kepala kompartemen Umum Pupuk Kaltim, Muhammad Helmi yang membuka pelatihan ini, menyatakan pelatihan ini merupakan tanggung jawab PT Pupuk Kaltim untuk ikut serta dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia di Bontang.    Ditambahkannya, dari pelatihan yang digelar dalam bidang mekanik sepeda motor, dapat membuka peluang usaha, antara lain modifikasi body  serta servis yang prima dan manajemen pemasaran.              
Sementara itu menurut instruktur dari Ekajaya Berrindo Berry Herlambang dalam pelatihan ini, materi yang akan diberikan berkaitan dengan teknik memperbaiaki mesin motor hingga manajemen perbengkelan.  Berry juga menyatakan usaha dibidang otomotif sangat menjanjikan mengingat jumlah kendaraan bermotor berbanding lurus dengan jumlah penduduk pada saat ini.           
Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan memiliki sejumlah peluang ekonomis dari segi perbengkelan. Pelatihan yang digelar departemen PKBL kali ini tergolong menghabiskan biaya cukup besar yaitu sekitar 250 juta rupiah.                                  
Selain menggelar kegiatan pelatihan mekanik mesin sepeda motor, Departemen PKBL PT Pupuk Kaltim juga melakukan pelatihan mengenai Deffence driver. Pelatihan ini penting demi keselamatan berkendaraan dan mengantisipasi kecelakaan di jalan raya. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini pengendara motor atau kendaraan lain dapat mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan kecelakaan di jalan raya.(jaz)







Tidak ada komentar: